Pengobongan Batu Bata Kang Engkos


Ini Kang Engkos lagi bikin batu bata. Pembuat batu bata yang merupakan salah satu ,sebagian kecil dari profesi masarakat kampung gw.gak smuanya bikin bata sich!..terdapat profesi profesi lain masyarakat kampung gw di antaranya ada yang tani,buruh, Guru, PNS, Ustadz dan lain2.

Kang Engkos kerja bikin batu bata itu profesi sambilan karena profesi utamanya adalah tani Kalo di kampung gw Kang engkos kerja di tempat yang namanya Pengobongan bata.
Ini bukan pabrik,karna kang engkos bikin batu bata untuk bangun rumahnya sendiri,Tapi klo ada yang mau pesen Kang Engkos siap melayani pembeli,dengan harga batu bata /biji Rp.500. Satu kali bikin itu bisa mencapai 2500 potong bata, Kang Engkos sendiri pernah melayani pembeli dari desa- desa lain seperti Desa Tangkolo,Pataka,sampai ke Kecamatan Rancah.Kualitas bata bikinan Kang Engkos sama bata pressan pabrik tidak kalah mutunya. Klo ada pesanan Kang Engkos kerja biasanya dari pagi jam 00’8 hingga sore di bantu empat orang temannya.

Tempat pengobongan batu bata biasanya berukuran sekitar 8mX8m,yang terletak di tengah sawah.dengan tinggi mencapai 1,5 m.Supaya lebih bisa menghasilkan bata yang bagus, kuat dan bermutu maka batu bata sengaja dibakar dengan memakai kayu bakar dari pohon jati,karna pohon jati salah satu pohon yang bagus buat pembakaran. Otomatis kalau apinya bagus, hasil dari pembakaranya juga bagus sehingga batu bata yang di bakar akan lebih cepat mateng.

Tanah liat yang sudah di olah dengan sedemikian rupa, di masukan ke cetakan yang terbuat dari kayu yang sengaja di buat khusus itu, lalu di jemur sampai kering kadang membutuhkan waktu sekitar satu mingguan baru bisa dikobong.

Komentar

  1. Hi,
    Nice shots with good information. If you've got time, add a free language translator. It must be useful for us.
    Nice blog and keep it up.
    chakra
    :-)

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Papan data movitex board

Jangalaharja Tercinta